Cara Memulai Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Kendala modal kecil sering kali jadi alasan kita untuk menunda usaha sampingan atau bisnis sampingan. Tetapi benarkah untuk memulai bisnis sampingan itu harus mempunyai modal besar?. Jawabannya adalah tidak... kita tidak perlu menunggu punya modal besar untuk memulai usaha sampingan. Asal kita punya kreativitas, ilmu dan skil yang bisa dimanfaatkan.
Bagaimana caranya memulai usaha sampingan dengan modal kecil? Caranya adalah seperti berikut. Pertama sekali dengan menanyakan pertanyaan berikut pada diri kita :

  • Apa bakat kita atau skill istimewa kita?
  • Banyak pebisnis sukses berhasil membangun bisnis mereka dimulai dari memanfaatkan keterampilan dan bakat mereka. Contohnya Mas Purdie, karena punya keterampilan membimbing calon mahasiswa untuk lulus ujian masuk perguruan tinggi. Dengan memulai "Primagama" dengan modal kecil, dan ketekunan akhirnya bisa memiliki banyak usaha lain.
  • Apa hobby atau kesukaan kita?
  • Hobby atau kesukaan juga bisa digunakan untuk merintis usaha sampingan dengan modal kecil. Contohnya ada teman saya yang tidak ingin disebutkan namanya punya hobby memancing. Sekarang beliau sudah lumayan mendapatkan pendapatan sampingannya dari toko online alat pancing yang dibukanya. Modal awal beliau cuma kamera dari hp china, pengetahuan tentang alat pancing yang cocok untuk berbagai lokasi, dan duit Rp. 250.000,- untuk membeli hosting dan domain untuk membuat toko online. Untuk membuat tokonya sering dikunjungi pembeli, beliau memberikan tips sederhananya kepada saya. Toko online alat pancing yang beliau buka, selain memajang alat gambar alat pancing. Beliau juga menulis artikel tentang cara memilih alat pancing yang tepat, cara memilih umpan sesuai ikan yang ingin didapat, foto-foto dan pengalaman beliau saat memancing dll.
Setelah tau jawaban pertanyaan tersebut, langkah selanjutnya adalah "segera coba buka usaha sampingan kita" sambil memperdayakan apa yang telah kita miliki dan mengasah keterampilan kita. Kalau awalnya merasakan rugi dan mendapatkan kendala, itu adalah hal biasa dan proses menuju kesuksesan usaha kita. Demikian dulu share dari saya, pada kesempatan menulis berikutnya saya akan menulis cara memulai usaha sampingan lainnya dengan modal kecil.


Category Article

2 Responses to “Earnings”

  • Anonim says:

    Semangat Gan postingnya tambah lagi...

  • Anonim says:

    Walaupun pendaftaran 100% gratis, namun sistem kami dirancang untuk memberikan penghasilan Anda sebagai Agen Pulsa sampai JUTAAN rupiah. Berikut ilustrasinya:

    Komisi Transaksi

    Anda akan mendapat keuntungan sesuai setting markup anda ke downline anda dan level nya pun tanpa batas , sebagai contoh anda setting M.50.PIN ,ini berarti anda mendapatkan keuntungan Rp 50,- setiap downline Anda melakukan transaksi pengisian pulsa mulai dari level 1 sampai level 10 sebagai contoh, sehingga potensi penghasilan komisi Anda bisa mencapai Rp 2.097.150.000,-.

    ANDA TIDAK PERLU MODAL (0), ANDA HANYA TINGGAL MENGAJAK KONTER/PENJUAL PULSA BERGABUNG BERSAMA KAMI MELALUI ANDA.

    INSYAALLAH BISNIS INI 100% HALAL dan Gampang dijalankan.

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.